PAMERAN KEBUDAYAAN ENDONEZYA İLE BİR GÜN 2




Setelah menyelenggarakan Indonesia Culture Day pada 26 April 2019, Perhimpunan Pelajar Indonesia di Bursa baru-baru ini menyelenggarakan acara serupa pada tanggal 19 Oktober 2019 kemarin. Endonezya İle Bir Gün 2 merupakan acara yang bertajuk kebudayaan Indonesia ditujukan untuk masyarakat Turki di kota Bursa dengan tujuan memperkenalkan budaya Indonesia. Acara yang di ketuai oleh Qashmir Ramadhan ini, bertempat di Atatürk Kongre Kültür Merkezi, Merinos – Bursa. Perwakilan FLP Turki pun turut hadir meramaikan acara ini. Meskipun persiapan panitia terhitung kurang lebih lima bulan, tapi acara berlangsung meriah.

Acara dimulai pukul empat sore dengan dihidangkannya camilan seperti klepon, siomay dan keripik khas Indonesia. Beberapa masyarakat yang datang mengatakan bahwa siomaynya sangat enak. Mereka juga bertanya bahan untuk membuat siomay dan cara membuatnya. Sebelum masuk ke ruang dimana acara inti akan berlangsung, khalayak yang datang juga dipersilahkan untuk melihat display dan atribut budaya yang telah dipersiapkan panitia.

Setelah satu jam berada di luar dengan makanan dan pameran properti, tamu – tamu yang datang dipersilakan masuk ke dalam ruangan. Ruangan dengan kapasitas 800 seat ini penuh seketika. Acara dihadiri oleh lebih dari 1000 orang yang merupakan warga negara asing dan Turki. Acara Endonezya ile bir gun ini juga dihadiri Bapak M. Lalu Iqbal beserta staff jajaran KBRI, Deputi Gubernur Bursa, Deputi Walikota Bursa, Ketua Bursa City Council dan beberapa pejabat lainnya.

Rangkaian acara pembukaan terdiri dari pemutaran video trailer, pembacaan tilawah Al- Qur'an, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia dan Turki, sambutan dari pejabat yang datang dan diakhiri dengan tari persembahan. Isi dari acara terdiri dari penampilan Tari Saman, Tari Walijamaliha, pencak silat, dan fashion show pakaian adat Indonesia. Acara EİBG 2 ditutup dengan kuis dan flashmob oleh seluruh penampil dan tamu yang datang. Acara berlangsung kurang lebih empat jam.

No comments:

Post a Comment

Pages