SONBAHAR (MUSIM GUGUR)






Salah satu musim yang ditunggu oleh para penikmat keindahan alam di negeri yang memiliki empat musim diantaranya adalah musim gugur. Musim di mana dedaunan hijau mulai menguning emas dan memerah tua. Hingga pada akhir musim, semua ranting dan dahan tinggal tanpa sehelai daun yang melekat. Musim semi seperti menggambarkan sebuah arti dari akhir kehidupan manusia, menua dan berakhir.


Di musim gugur berfoto dengan latar belakang daun yang menguning dan pepohonan yang rindang seperti sebuah keharusan bagi mereka yang merasakan langsung musim ini. Dan banyak para pemburu spot bagus yang menangkap foto dari setiap sudut dan berbagai cara kreatif. Di Turki ada beberapa tempat yang bisa menjadi salah satu pilihan pembaca untuk mengabadikan diri anda di musim gugur.


1. Yedigöller

Yedi Göller adalah sebuah danau yang berada di tengah hutan alam yang masih asri, “Surganya Kota Bolu” julukannya. Tempat ini berada sekitar 300 kilometer dari kota Istanbul. Yedigöller diartikan secara bahasa memiliki arti tujuh danau, di taman nasional Yedigöller ini memang ada tujug buah danau yang indah. Nama-nama danau tersebut adalah Ä°ncegöl, Nazlıgöl, Sazlıgöl, Deringöl, Seringöl, Kurugöl ve Büyükgöl. Di taman nasional ini selain ada tujuh danau, ada pohohn cemara, oak, linden dan honrbeam dengan warna yang menawan. Berjalan menyusuri tujuh danau ini adalah kegiatan yang sangat cocok di muısim gugur. Jangan lupa untuk melihar air terjun dan air mancur yang ada di taman ini.


2. Abant Gölü

Danau yang juga terletak di Kota Sakarya. Sebenarnya ini adalah destinasi yang cocok dalam empat musim. Danaunya yang bersih, udara yang segar dan suasana pegunungan dapat dirasakan di danau ini. Kita dapat berjalan mengitari danau ini, jalan kaki, dengan sepeda ataupun dengan delman.


3. Uzungöl

Danau panjang. Bentuknya yang persegi panjang membelah dataran tinggi. Salah satu dataran tinggi yang terkenal adalah Haldizen. Uzungöl terletak di kabupaten Çaykara kota Trabzon dan kini menjadi salah satu pusat wisata di sekitar Laut Hitam.


4. Karagöl

Kalau bertanya daerah Turki bagian mana yang paling hijau maka jawabannya adalah kota Rize dan Artvin. Nah, Karagöl atau kalau diartikan Danau Hitam ini terletak di kabupaten Borkça Kota Artvin. Keindahan alam di sini tidak kalah dengan yang lain.


5. Ataturk Arboretumu

Ini adalah taman surga kota Istanbul. Ini merupakan taman botanik yang khusus untuk menanam dan mengembangbiakkan pohon dengan tujuan penelitian atau pendidikan.Taman ini juga berada di bawah Fakultas Kehutanan Universitas Istanbul. Jika masuk ke sini maka seakan kita di bawa keluar kota Istanbul karena ternyata di kota metropolitan ini masih ada taman asri dan rindang. Di dalam kawasan ini juga ada tiga buah kolam. Duduk manis di pinggir kolam menikmati udara segar menjadi salah satu pilihan. Luasnya 296 hektar dan ada lebih dari 1500 macam tumbuhan dan pepohonan. Ataturk Arboretumu ini bisa diakses dengan transportasi publik. Bagi kalian yang mengunjungi kota Istanbul, jangan lupa singgah ke sini.


Oleh: Ridwan El-Mughomieru
          Mahasiswa Ä°lahiyat di Suleyman Demirel Ãœnivesitesi, Isparta



No comments:

Post a Comment

Pages