Tragedi hari buruh,1 mei istanbul



     Di negara turki,1 mei merupakan hari buruh nasional yg hampir setiap tahunnya dirayakan oleh buruh buruh yang berhamburan di taksim Meydanı, istanbul. Aksi demonstran yang mulai tak bisa diatur ini mencapai klimaksnya pada 1 mei 1977 pukul 09.30 waktu istanbul.

     Dilaporkan bahwa ketua federasi buruh nasional,vedat Öztürk, melakukan penembakan masal dari salah satu hotel di daerah taksim Meydanı. Para demonstran yang menjadi sasaran pun berhamburan ke jalan jalan kecil. Terdapat 38 korban jiwa hari itu, hingga kemudian bertahun tahun keluar larangan perayaan hari buruh di taksim Meydanı. 

    Tentunya para buruh yang merasa haknya dirampas itu merasa tidak puas terhadap pemerintah turki. Merekapun setiap tahunnya berusaha menerobos barikade polisi yg mengamani meydan dari masuknya para demonstran. Terjadi pertikakan di kedua belah pihak. Para demonstran menimpuki polisi dengan batu, dan polisi yg menembakkan gas air mata agar demonstran bubar.

    Dan tahun ini, dikarenakan ada larangan resmi dari wali istanbul untuk melakukan demo,tak banyak terjadi pertikaian antara dua belah pihak, walaupun tetap saja transportasi seperti bus,metro bahkan taksi terisolasi di kawasan tersebut. (RBD)


No comments:

Post a Comment

Pages