ISAY Istanbul

Di Istanbul tanggal 31 Okt, ada acara ISAY FORUM (tema: Youth Empowerment and Entrepreneurship).
Kalau diliat dari temanya rada berat emang. Ngebahas tentang peran pemuda dalam kepemimpinan dan bidang usaha. Apalagi ngeliat pemuda jaman sekarang udah mulai ngambil alih dunia entrepreneurship. Anyway, ini acara full English loooh. So, yang datang nggak cuma Indonesian students aja, ada foreign nya 30-40an kali ya. Pembicaranya juga nggak kalah.
IMG_1399
Ada pembukaan dari Mr. Murat Daoudov (President of Middle East Development Network), disession pertama itu terdiri dari 3 panel.
  1. Fardel Dalle Yilmaz (People Development Coach and Trainer)
Banyak keinginan, banyak mimpi itu khas dari pemuda. Yang perlu kamu lakukan adalah kamu punya skilltargetkamu jelas, dan TAKING RISK!
Semua pemuda/i Indonesia juga udah hapal apa kata Pak Soekarno dahulu, “Beri aku 10 pemuda. Maka aku akan taklukan dunia.” Nah yang perlu kamu lakukan pertama adalah BERMIMPILAH. Jangan hiraukan akan berproses seperti apa. Kalau udah punya mimpi (passion kamu jelas), asah skill dan karakteristik kamu untuk mengejar mimpi itu (harus FOCUS dan IMPROVE).
Different time is different challenge! 
The good habbits formed at youth make all the differences.
Jangan estimate yourself. Be confident! Belajarlah dari LEADER dan ELDER kamu, juga perbanyaklah baca buku. Dalam 1 menit ada banyak mimpi yang muncul dalam kepalamu, tapi apa 1 menit mimpi itu sudah kamu wujudkan? THINK, THEN DO IT!
Setelah kamu tau passion kamu,
pertama COMMITMENT lah (jangan ubah mimpi itu jika sewaktu-waktu mimpi itu menyulitkanmu),
kedua INTEGRITY (jadilah orang yang tangguh dan jujur! Jujur pada diri sendiri, lebih utamanya),
tiga ciptakan rasa CARE (pada diri sendiri, orang tua, dan negaramu. Pulanglah! Your country need you! Walaupun gaji kerja diluar lebih besar, tapi bantulah negerimu menjadi besar),
then keempat take responsibility (sekali kamu bermimpi, pertanggung jawabkanlah mimpi-mimpimu itu), the last one PRESEVERANCES and COMPASSION.
HOW DO YOU SPENT YOUR TIME?
Cari temanlah yang baik, jangan pernah salahkan keadaan, salahkan dirimu YANG TAK JUGA BERUBAH.
  1. Merve Serire (Assembly of European Regions Youth Regional Network)
Ini salah satu pembicara yang paling disuka. Karena dia activist muda, jadi pembawannya lebih kebahasa anak muda. Umm, awalnya dia cerita tentang bagaimana bisa jadi Merve yang sekarang (aktif dimacam bidang organisasi. Read:namanya juga activist haha)..
Jadi dia itu termasuk anak yang pendiam pas kuliah, yah seperti kupu-kupu gitu. Trus karena suatu sebab, dia iseng buat ikutan salah satu seminar atau organisasi gitu (lupa bagian ini), dan dia apply, nggak disangka dia keterima dan semenjak itu deh dia mulai aktif. (kadang emang perubahan itu terjadi disaat ke ‘iseng’an)
Then, as Mrs. Fardel said, LIFE IS RISK. SO, TAKE A RISK.
Dia ngebahas tentang pertama, attitude. Percuma lah ya, kalau udah pendidikan tinggi tapi attitude kurang. Kedua DETERMINE GOAL. Ketiga KEEP ELEVATING YOUR VALUES. Keempat BE PASSIONATE. Kelima BANYAK-BANYAK BACA BUKU DAN MULAI USAHA. Keenam INDIVIDUAL CONTRIBUTION (NOTE!)
Act – Involve – Express – WORK!
  1. Yesi Mariska Indira (GM of Rumah Zakat *kalau nggak salah*)
Disini nggak nulis note :# udah nggak fokus karena lapar eh Umm. Intinya ngebahas tentang pentingnya ZAKAT, SHADAQAH, INFAQ. Mau seberapa dikit harta yang kita punya, ITU ADA HAK ORANG LAIN. Jadiiiii, yuk mulai beli kalau ada ibu tua jualan sesuatu (sekalipun sesuatu itu nggak kita butuhin). nyambung nggak sih?
******Break
IMG_1398
Session kedua ada 4 panel. Disini nggak terlalu seru sih.
  1. Chris (Founder and freelancer)
Gayanya si om pas lagi ngasih materi gaya anak muda ngetss lah. Dia bilang, mission dan ADVENTURE itu penting!
Pembahasan: pertama DON’T CUT RECOURNERS. Kedua FACE THE TRUTH (jangan suka lari lah ya, capek juga). Ketiga GET BACKUP AGAIN! Keempat LEAD WITH A COMPELLING VISION. Kelima FAIL FAST, FAIL OFTEN (FAIL SMALL).
Dan coba deh nonton video di youtube, click WHAT IS BRANDING? Yang bagian ada cola-colanya itu.
  1. Yusuf Ahmad (CFO Indomie-Adkoturk)
  2. Amer Maraqa (Founder and GM of TURKEST)
  3. Abrar Zakki
Umm.. sekian! Dari panel 2-4, kenapa nggak nulis note? Hehee udah nggak konsen. Neyseeee, itu aja. Semoga bermanfaat! So, BRAND IS YOU!

No comments:

Post a Comment

Pages